Sejarah Nexian (Metrotech Jaya Komunika) dari Tahun ke Tahun

gambar nexian g509Sekarang Nexian menjadi salah satu merek ponsel lokal buatan cina yang sedang naik daun. Kita bisa lihat iklan Nexian di mana-mana. Jangan salah, Nexian mempromosikan dirinya di billboard dan media cetak sampai memakan setengah dari anggaran promosinya.

Ketenaran Nexian sampai saat ini bukan berarti dia langsung naik begitu saja. Titik awalnya adalah kerjasamanya dengan Esia dalam meluncurkan produk perdananya. Berikut ini adalah sejarah singkat perkembangan Nexian dari tahun ke tahun.

2006

Nexian bekerjasama dengan Esia dalam mempromosikan produk perdanyanya yaitu NX 350, sebuah ponsel flip CDMA.

Pada tahun 2006, merek lokal milik Metrotech Jaya Komunika inimendirikan pabrik perakitan di Karawang yang bekerjasama dengan PT Inti Prisma International, J-Tech Manufacturing of Indonesia, dan PT Airwave Technology.

2008

Metrotech berhasil meraup untung dari penjualan 3 juta unit Nexian dari hasil kerjasama dengan Telkom Flexi.

2009

Dikarenakan ponsel Kanada, BlackBerry, begitu mencuat di pasar, Nexian tidak mau kalah dengan meluncurkan NexianBerry. Nexian pun bekerjasama dengan XL Axiata untuk mendongkrak promosi dan penjualan.

Tidak hanya sampai di situ, pada tahun yang sama Nexian juga bekerjasama dengan Telkomsel dan Indosat untuk mengeluarkan produknya NX 911 dan NX 922.

2010

Pada tahun 2010, Metrotech bergabung dengan Selular Group yang kita kenal sebagai usaha bidang penjualan ponsel, konten, dan juga pulsa.

Mungkin besar karena kerjasamanya dengan Selular Group milik Zulkarnaen Tanzil Cho ini, Nexian mengalami lonjakan penjualan sebesar 3,5 juta unit selama tahun ini!

2011

Sebuah perusahaan dari India Spice i2i mengakuisisi Selular Group dan Nexian. Tentu akuisisi ini menjadikan Nexian memiliki nama baru yaitu S Nexian. Nah, nanti kita bakal disajikan produk baru apa ya pada awal tahun 2012? Karena bisik-bisik, akan ada produk yang menghebohkan loh!

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Bang Iwan Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Bang Iwan
Guest

Sampai sekarang masih punya Nexian NX 911