5 Peletakan AdSense yang Dilarang

Kamu ingin meletakkkan iklan Google AdSense pada websitemu? Tidak memandang kamu pemain lama atau pemain baru, publisher haruslah mematuhi policies-nya Google. Pada suatu saat kamu bingung tentang bagaimana peletakan AdSense yang tidak melanggar atau bagaimana peletakan AdSense yang dilarang. Berikut ini saya paparkan lima cara peletakan AdSense yang dilarang.

ย Gambar sejajar dengan iklan

Gambar atau foto yang sengaja disejajarkan dengan iklan dapat membuat kamu dikeluarkan dari program AdSense, berikut ini contohnya:

image sejajar dengan iklan 3

Meski pun pada gambar di atas iklannya sudah memakai border, tetap saja melanggar ketentuan AdSense.

image sejajar dengan iklan 2

Apalagi dengan contoh iklan AdSense di atas dan di bawah ini yang tidak memakai border tentu manajemen Google AdSense tidak menyukainya

image sejajar dengan iklan

Mengapa meletakkan gambar atau foto di dekat AdSense seperti contoh di atas itu dilarang? Karena hal tersebut mempersepsikan visitor bahwa gambar tersebut berkaitan dengan iklan AdSense. AdSense sendiri tidak mengetahui gambar apakah itu, jangan-jangan gambar yang dipasang adalah gambar jorok lagi.

Menggunakan headline yang keliru

Penggunaan headline atau kata-kata merelasikan iklan dengan website itu sendiri dianggap melanggar. Contohnya seperti gambar di bawah ini.menggunakan headline yang ngawurDi mana pelanggarannya? Pelanggarannya terletak pada kata “My Favorite Sites” di atas iklan. Kalau sebagai visitor awam atau anak kecil tentu saja akan menganggap itu adalah bagian dari website, sehingga akan terdorong untuk mengkliknya. Penggunaan kata-kata sejenis seperti “Best buy list”, “Good content”, dan “Websites you should visit” juga dilarang.

Konten tidak Above the Fold

Kalau kita lihat gambar full website di bawah terlihat betul mana artikel/konten dan mana iklan. Tetapi, tentu saja layar komputer kita tidak memuat semua itu, kecuali kamu memiliki layar sebesar 23 inci atau lebih. Nah, terpotongnya tampilan seperti what users see pada gambar di bawah artinya artikel berada under the fold atau tidak pada posisi above the fold.

konten berada di bawah

Ketika kita membuka website tersebut yang terlihat hanyalah iklan, bukannya artikel. Kita bisa melihat artikelnya kalau di-scroll ke bawah terlebih dahulu. Ini juga dilarang oleh program AdSense. Lalu bagaimana solusinya?

Perkecil head banner website

Dengan memperkecil height head banner websitemu secara otomatis akan membuat bidang lebih compact pada layar sehingga baik iklan maupun artikel bisa terlihat. Bayangkan gambar what users see di atas ketika tidak memakai boks Site Title. Tentu saja artikel akan otomatis tertarik ke atas.

Pakailah float left

Pakailah style=”float:left” pada tag HTML-mu untuk membuat iklan rata kiri dan membuat artikel berada tepat disebelah kanan iklanmu seperti contoh di bawah ini.

float left

Format menu sama dengan iklan

AdSense memiliki fitur iklan ad link unit, tetapi dalam pemakaiannya juga ada aturannya. Pada gambar di bawah kita lihat tulisan link Home, New Entries, dan Old Entries memiliki format atau style yang sama dengan ad link unit. Hal ini membuat seolah-olah ad link unit adalah bagian dari Menu website tersebut sehingga dapat membingungkan dan membuat tidak sadar visitor apa itu link dari website atau iklan. Untuk membuktikannya maka dikliklah iklannya oleh visitor, trik semacam ini juga tidak boleh.

format menu sama

Bagaimana dengan jenis iklan yang biasanya? Sama halnya dengan contoh di bawah ini tidak diperbolehkan.

format konten sama

Link website dengan iklan terlalu dekat

Maaf gambarnya agak kecil, tetapi masih bisa kelihatan kan. Kita lihat iklan di bawah terlihat betul ada link di atas iklannya yaitu Home, Profile, dan About Us, memangnya kenapa?

link dekat dengan ads

Link seperti contoh di atas terlalu dekat dengan iklan AdSense sehingga dapat menimbulkan accidental click atau klik yang tidak disengaja karena begitu dekatnya link website dengan iklan. Untung buat publisher, rugi buat advertiser dan Google tidak mau hal ini terjadi.

Dengan demikian kamu sudah mempelajari lima posisi terlarang, semoga akun dan website kamu selalu aman dari jeratan pelanggaran atau policies violation dari program AdSense ๐Ÿ˜€

14
Leave a Reply

avatar
12 Comment threads
2 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
13 Comment authors
sorotwongcilikFaidzinnRushinformaprillins Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
pargodungan
Guest

ibarat “jangan buang sampah sembarangan”, maka “jangan pasang iklan sembarangan”. Hehe. Trimakasih infonya. Anw, apakah pemasangan di situs saya sudah betul? Mohon advisnya. Salam. ๐Ÿ™‚

rnb tech
Guest

Thanks infonya gan,ternyata letak adsenku terlalu dekat dengan menu,tak rubah skrng

Adit murtiyoso
Guest

Info yang bermanfaat gan

Admin Teledor
Guest

widiiiiiww….. setelah adsense saya melewati tahap 1, mudah mudahan berhasil melewati tahap 2…

๐Ÿ˜€

Teknologi Unik
Guest

ini yang ane cari2,,, soalnya ane malas baca tos. hehhehe

wartanada
Guest

perlu hati2 nih, pasang iklan ๐Ÿ˜€

Bhayu Blog
Guest

Terima kasih gan atas petunjuknya modah-modahan dengan ini akun adsense kita aman selamanya.

ciki
Guest

jika misalnya kita pasang 2 iklan adsense di 1 widget gitu apakah diperbolehkan gan? mohon pencerahanya, ๐Ÿ™‚

Rushinform
Guest

untung baca baca disini dulu, jadi tau mana yg harus dilakuin,
maju terus gan!

Faidzinn
Guest

Wah saya ketinggalan nih, thanks komplit banget mba tutornya, tapi sayang saya belum akun adsense nih ๐Ÿ™ . Semoga saya cepet2 diterima menjadi publisher mbah google ๐Ÿ™‚ #Semangat

wongcilik
Guest

makasih mas infonya,, brati harus dirubah penerapan iklan dlm blog ane, ๐Ÿ˜€

sorot
Guest

tapi kalo liat di beberapa situs berita yang sudah besar banyak iklan yg menyalahi atauran di atas tapi aman-aman saja, bahkan ada iklan yang ada di atas gambar, apa karena situs besar jadi google tidak berani melakukan banned?