Efek Samping Drontal – Obat Cacing Kucing

Saya menduga bahwa kucing saya cacingan, oleh karenanya saya sempatkan ke apotek K24 untuk membeli obat cacing untuk kucing saya. Masuk ke K24, saya langsung bertanya tentang obat Drontal kepada pegawai yang bertugas. Setelah mencari di komputernya pegawai K24 balik bertanya “Itu obat apa ya mas?” Saya menjelaskan bahwa itu adalah obat cacing. Ternyata, Drontal tidak tersedia di K24.

Saya bertanya lagi obat cacing yang satu lagi yaitu Albendazole. Ternyata stoknya lagi kosong. Oke, yang pasti ada yaitu Combantrin, saya beli saja dengan harga Rp8.200. Lalu saya pulang ke kosan.

Sampai dikosan, saya baru menyadari bahwa Combantrin 250mg dengan pirantel pamoate-nya tidak tertulis untuk mengatasi cacing pita seperti halnya Drontal, melainkan:

  1. Cacing kremi (Enterobius vermicularis)
  2. Cacing gelang (Ascaris lumbricoides)
  3. Cacing tambang (Ancylostoma duodenale)
  4. Cacing tambang (Necator americanus)
  5. Cacing Trichostrongylus colubriformis dan Trichostrongylus orientalis

Efek samping Combantrin adalah anoreksia (nafsu makan hilang), mual, muntah, diare, sakit kepala, pusing, mengantuk dan merah-merah pada kulit.

Akhirnya, dengan susah payah saya turun dari lantai tiga untuk mencari Drontal lagi.

Membeli Drontal di Pet Shop

Saya pergi ke pet shop terdekat untuk membeli Drontal. Ternyata baru saya ketahui bahwa tersedia Drontal khusus anjing dan Drontal khusus kucing. Saya langsung membeli Drontal kucing donk.. harganya ternyata tidak semahal yang saya bayangkan Rp25.000, tetapi jauh lebih murah yaitu Rp15.000 per tablet.

Sampai di kosan, saya langsung membuka Drontal dan memotongnya menjadi 3/8 tablet untuk diberikan ke kucing saya, karena dosis Drontal 1 tablet untuk kucing seberat 4kg. Berat kucing saya mendekati 2kg jadi 3/8 tablet, menurut saya, adalah dosisnya :mrgreen:

Karena kucing saya suka menggigit jari, jadi tidak sulit untuk mencekokinya obat cacing. Setelah tertelan dengan sempurna maka tinggal ditunggu efeknya. Kira-kira setelah satu jam kemudian barulah muncul efek samping Drontal yaitu tidak berselera makan. Efek samping lain yang saya lihat yaitu nafasnya menjadi terengah-engah dan detak jantungnya menjadi cepat. Saya pun menjadi takut, takutnya kucing saya overdosis! Dia juga jadi tidak suka di kandang.. lebih suka di lantai dan langsung malas..

Saya beri saja perhatian lebih dan memainkannya sampai akhirnya kucing saya semangat lagi :mrgreen: untung tidak apa-apa hehehe.. ya kira-kira itulah efek samping obat cacing bagi kucing.

42
Leave a Reply

avatar
29 Comment threads
13 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
38 Comment authors
mitaAhmad muhamamdfauziJielrakaangga Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
miawruu
Guest

waduhhh… serem amat efeknya… btw, posting dunk foto kucingnyaaa… penasaran^^

Dhuta
Guest

Wah, gimana ya kalo diminum manusia? hehehe

Agus
Guest
Agus

Mas tanya… Kalau PET SHOP di Jogja alamatnya mana ya?
Trimakasih.

dede
Guest

hai .. mau tnya klu prut kucing gde tp bdanny kcil .. baru umur 2 ato 3 blanan seh .. dia tmsuk cacingan ga ? bls ya

ikuy
Guest
ikuy

sama dgn kucing gw.. cewe’ namany PUTIC 2-3 bln, makan ga salah2… pake whiskas tuna, ikan laut rebus sekali mkn 1 ikan utuh kdg plus nasi, makan min 4x sehari tp badanny tetep kurus & perut buncit, bulu tipis & badan bau pdhal 2 hr sekali mandi…. aku pikir pertama dia pasti lg sakit tp koq “PECICILAN” minta ampyuuun… eh lama2 dia tiap dksh makan 1-2 jam muntah…meong2 lg minta maem…dksh lg ikan…muntah lg…terakhir ada cacingnya…. wooooo…ini pasti cacingan… maklum asli kelahiran GANG LEBAK BUDI 2 BANDAR LAMPUNG… lg loncat2 sm kawan2ny yg lbh gede2 gw comot masukin mobil….

cilla
Guest
cilla

Klo kaya gitu sih sepertinya cacingan, sama kaya kucing saya (telat yaa reply nya) hehe

nying2
Guest

gw mw nanya…kucing kucingnya temen gw umurnya 2 bulan…tiba tiba dy gak mw makan..trs tidur trs…keesokan hari nya keluar cacingnya pada feses…trus diA selalu jerit2…apa dia takut ma cacing ya????hehhehehe
drontal mampu atasi kucing cacing gilaaa gak???hahhahah
balesss ya..!!!!”P

fajrin
Guest
fajrin

waduh bermanfaat bnget nih infony..mkasih y.. 😀

Claudia Aprilia Laurensi
Guest

Tolong dijawab ya, kucing saya ga mau makan, suka muntah cacing dan muntah biasa, dari bab-y juga keluar cacing.. Saya udah cari jawaban kemana”, tapi ga ada yg membantu.. Tolong bantu saya ya, trims….

icamalika
Guest
icamalika

kucingku kena cacing pita kayanya , muntah cacing gitu . kira kira butuh berapa drontal ya sekali minum? sampe sembuh? o ya drontal yg murah di petshop daerah sagan nya apa yg dkt upn?

dewi wijaya
Guest
dewi wijaya

aq pny kcing smuanya ad 11, br kmren mlm 1 die..penyakiynya ya muntah terus menerus disertai cacing n ga mau makan selama 2 hr. trus yg namanya chiky skrng kondisinya jg seperti itu, mlh d tambah mencret lg. dan mencretnya itu sdh berlangsung dr umur 1 bln spi hr ini ( skrng umur 4 bln ). utk pencegahan sementara aq kasih ampicillin + imodium + biolysin syrup. apakah itu bs membantu sebelum aq beli drontal ? tolong d jwb yach, please…….

lady gagal
Guest
lady gagal

dewi wijaya, aku pernah ngalamin kucing mencret terus hampir dua minggu lebih, akhirnya tak kasih norit 🙂 alhamdulilah kok ada perubahan sekarang dah ga mencret2 lagi
btw, kucing ku sekarang lagi kena radang tenggorokan, kira kira … bisa dikasih amoxilin ama FG Troses ga ya? kasian liatnya pingin makan tapi waktu nelen sakit gitu kayaknya

kiki
Guest
kiki

kucingku (bora) juga badan-ny gak terlalu gemuk, tapi peyut-nya ndut..
dia makannya seneng banget, dikit-dikit makan, susu, makanan basah, dilahap semua. bora aktif-nya minta ampun, dari pagi sampe malam g’ada capeknya. tp sebulan terakhir mata kirinya sering merah dan belekan warna coklat. aq pernah denger kalo belekan hati2 kena cacing. mang-ny hubungannya gmn sech dari belekan ke cacingan?
trus aq kasih obat cacing pake pemaksaan gitu, soalnya dia tau aq kasih obat d makanannya, akhirnya g mau makan itu obat. hee pintar juga y? :mrgreen:

ainMiranda
Guest
ainMiranda

klo cacing cambuk (Trichuris trichuria) apa bisa pke drontal?????

Tenrikyo
Guest
Tenrikyo

Hai,,,aq punya kucing,,,beratnya kurang lebih 2-3 kg,,,klo aq kasih makan ikan atau nasi,,,dy suka mencret,,,tapi klo ayam ya biasa aja,,,nah akhirnya aq kasih makanan sejenis wiskas dan frieskies aja dan pupnya dah mulai normal,,,tapi blakangan ini aq liat pupnya ada semacam putih2 kecil 2-3 millimeter gt,,,gerak2,,,itu telur cacing ato cacing yah?atau apa ya?klo misal pernah terjadi hal yg sama,,mohon di share ya,,,makasi

angga
Guest
angga

Nasi tidak boleh untuk kucing

june
Guest

ane punya kucing 2 (snopy sama roxy) snopy 4 bulan, aktif tp perutnya buncit..blom pernah di kasih obat apa pun termasuk vaksin.. dia suka bersin2 mulu nich.. ada yang bisa kasih ide gmn cara biar dia gak bersin mulu?!!

kl s roxy udah 8 bulan, nafasnya tersengal2 kaya anjing gitu, suka melet2in lidah.. apa itu normal??.. sekarang dia susah makan dan kurusan..

kasih saran ya.. 🙂
thank.

claristy
Guest
claristy

Jangan sekali2 memberikan obat ke kucing/peliharaan lain sembarangan deh, apalagi obat2an manusia, dosis + kandungannya bisa mematikan bagi kucing.
Klo emg sayang ma kucing2nya, mending bawa ke dokter hewan yg pasti tepat penanggulangannya.. Klo smua bisa diatasi cuma dengan “mengobatin sendiri”, ngapain para dokter hewan sekolah susah2?
Lagian biaya dokter hewan ada yg ga semahal dokter manusia kok.

iyes
Guest

terus cacingnya keluar ato gmn??? kucingnya hidup sampe sekarang??

rizal
Guest
rizal

indikasinya kucingku kena FIP, katanya gak ada obatnya.. aku kira cacingan. perut bengkak, badan kurus, sesak nafas(karena pembengkakan perut), nafsu makan hilang, sering muntah. ada alternatif obat gak?

sirly saputry
Guest
sirly saputry

kucing saya habis buang air besar kok mengeluarkan darah???

ika
Guest

kucing ku Ken, usia nya 3bulan. pup ny ada darahnya, perut buncit tp kuurus, tanya sama tukang pet shop katanya cacingan, akhirnya aku beli Drontal kasih 1/4 tablet… bsk pagi di kandang nya ada cacing2 panjang sekitar 7cm warna putih… ntah itu keluar dr fases atau muntahan nya… setelah itu dia lemes.. nafas trrsedak seperti ngorok.. akhirnya aku suapin minum dan bubur nasi… dia masih ngorok.. 4 jam kemudian dia meninggal dunia.. aku sedihhh banget :'(

Dewangga
Guest
Dewangga

Yang wajib diwaspadai saat kucing mendengkur pada saat keadaan sakit adalah meninggal, karena dengkuran kucing sebagai terapi dirinya sendiri dari sakit yg dialami.

siska
Guest
siska

Hai mbak ika. Kalau misalnya kucing mbak meninggal kemungkinan besar krn overdosis. Kucing umur 3 bulan umunya beratnya 400-500 gram, jd u/ dosis drontal harusnya 1/8nya. U/ kucing seberat 1 kg harusnya meminumkan 1/4 tablet sedangkan u/ 500gr brarti setengahnya. @ika

farrel
Guest
farrel

gan combatrin rasa jeruk berapa kali setiapa hari?

miko
Guest
miko

hati2 memberi drontal kpd kucing, krn rasanay pahit sekali.
Kucing yg tidak tahan mulutnya akan berbusa, jadi sebaiknya diberikan dgn dicairkan dulu spy terlihat efeknya. kalau mulitnya berbusa segera bersihkan mulutnya.

rus
Guest
rus

klo diminum manusia efek.nya gmna gan…

Cynthia rinjani
Guest
Cynthia rinjani

Kucing saya setelah dikasih drontal jadi lemes, ga nafsu makan. Emang kaya giu apa gimana kasian

Pipit sagita
Guest
Pipit sagita

Kucing ku lagi mengalami sedemikian perut buncit dan gak lincah..saya beri drontal tapi harga nya wiiih mahal 50rb satu tablet,sy uda kasih 1/2 dari obat tsb,mudah2 an zowee sy besok sembuh…

Tita queen pearl azizah
Guest
Tita queen pearl azizah

Kucing ku betina umur 5bln, lagi aktif2ny makan ngg pernah kenyang, tapi akhir2 ini dia jadi lebih murung ngga lincah lagi, perut nya besar tapi badannya normal, trus klo perutny di pengang dia marah, nafsu makannya juga menurun.
Sekarang dia lebih suka tidur..
Apa itu tanda2 kucing cacingan yaa???
Pliss jawabb
Poopny juga ngga encer dan ngga ada cacing

Nadia
Guest
Nadia

Maaf mau menanyakan kemarin 2 hri yng lalu saya beli kucing dan kata si penjual kalau kucing mau keliatan tambah gemuk hrs di di suntik cacing katanya itu belum disuntik cacing, padahal kan habis saya beli dari si penjual saya bawa pulang setelah sampai di rumah saya masukin kandan dan saya beri makan, minum, dan di sampingnya ada tempat pup yang saya sudah Kasih pasir setela selang berapa jm sekitar jm 3an lebih sedikit kucing saya itu pup tpi pupnya gak ada tanda-tanda cacingan,muntah juga enggak,tetapi makan dan minumnya lancar gk ada nafsu makan berkurang itu apa ada tanda cacingan… Read more »

fauzi
Guest
fauzi

untuk jarak pemberian obat cacing drontal brp hri sekali gan..mksh

mita
Guest
mita

saya membeli drontal cat secara on line,bentuknya kapsul bulat, bukankah biasanya drontal cat bentuknya memanjang, apakah memang drontal cat bisa 2 bentuk itu? saya khawatir kalau yg dibeli itu tidak asli