Kucing Sakit Gigi, Makanya Kucing Tidak Mau Makan

Kucingku sayang, kucingku malang

Ya, begitulah hidupnya saat ini. Kucing saya saat ini sangat sulit makan, ini tampaknya disebabkan oleh sakit gigi..

Sebelumnya, saya telah membawa kucing saya ke vet atau dokter hewan. Dokter hewan memvonisnya terkena penyakit ginjal, soalnya saat diperiksa ginjal kanannya sedikit bengkak. Oleh karena itu, dokter memberinya obat racikan yang dikemas dalam bentuk kapsul.

Selain itu saya juga disuruh menebus obat di apotik. Obat tersebut bernama …. (aduh ga ketemu obatnya nanti kalau ketemu saya update lagi deh..).

Beberapa hari meminum obat tersebut, nafsu makan Ita pun tak kunjung membaik. Saya pun bertanya-tanya kenapa ini? Apakah mungkin karena bosan dengan makanannya?

Beberapa Hari Sebelumnya

Untuk memastikan kenapa kucing tidak mau makan maka saya membeli beberapa makanan basah bermerek Whiskas seharga Rp4.900 dan Premium Fussie Cat seharga Rp10.000. Cukup bikin kantong sedikit robek juga harganya..

Sesampainya di kosan, pertama-tama buka dulu yang murah yaitu Whiskas. Pas dibuka, kucing saya langsung mendekat, menjilat-jilat dan makan sedikit, tetapi tidak lama setelahnya makanan tersebut ditinggalkan. Haduuhh, kenapa ini..

Science Diet C/D

Bersamaan dengan pemeriksaan Ita di dokter hewan, dokter menyarankan untuk mengganti makanannya sementara waktu dengan makanan bermerek Science Diet seri C/D. Seri yang satu ini khusus untuk kucing sakit.

Saya mencari makanan basah ini di salah satu petshop di Yogyakarta dan ternyata tidak saya temukan. Alasannya bahwa cat food Science Diet C/D harus menggunakan preskripsi dari dokter hewan.

Okelah, akhirnya saya bermanuver ke rumah sakit hewan UGM. Di sana saya temukan Science Diet C/D dengan harga yang juga membuat kantong sedikit robek, yaitu Rp25.000.

Satu lagi, untuk membeli Science Diet C/D harus menggunakan preskripsi dokter hewan, jadi harus minta ke dokter hewan dulu. Ini mungkin karena makanannya termasuk obat keras atau bagaimana, saya tidak tahu.

Tidak Mau Makan

Diberikan Science Diet C/D juga ternyata Ita tidak mau makan, saya pun bingung kenapa ini?? Ita pun harus diberikan makan secara paksa untuk kesekian kalinya.

Ternyata beberapa hari setelah dari dokter hewan, gigi ita pun copot, lepas! Saya lihat, tampaknya gigi tersebut adalah gigi belakang. Saya menduga besar bahwa sakit gigi penyebab kucing tidak mau makan. Soalnya, saya perhatikan ternyata kucing saya menggunakan gigi belakang untuk menghancurkan makanan, sama seperti manusia saat memakai gerahamnya.

Nah, dengan demikian, beberapa hari lagi saya akan membawa Ita ke rumah sakit hewan untuk diperiksa giginya. Semoga cepat sembuh deh supaya ga bikin pikiran..

!! PERINGATAN !!

SCIENCE DIET C/D MENGANDUNG UNSUR DAGING BABI, BAGI MUSLIM DILARANG UNTUK MEMAKANNYA. PADA INGREDIENTS-NYA TERDAPAT PORK BY-PRODUCTS DAN PORK LIVER (HATI BABI). JIKA MEMBERI MAKAN KUCING LANGSUNG MENGGUNAKAN TANGAN, CUCILAH TANGAN SESUDAHNYA SAMPAI BERSIH.

note: peringatan ini saya buat untuk orang yang suka mencoba makanan kucing.. seperti saya.. karena Science Diet C/D mengandung babi maka tidak saya coba.. hehehe :mrgreen:

8
Leave a Reply

avatar
6 Comment threads
2 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
5 Comment authors
desiJiastuaprillinsexwimpasran@yahoo.co.idcameraBang Iwan Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Bang Iwan
Guest

Wah… nama kucingnya keren ITA…

Bang Iwan
Guest

Kirain kucingnya Puasa… ternyata sakit gigi….
kalkau sakitnya udah berenti, gigi kucingnya dicabut aja Prill….

Bang Iwan
Guest

Tapi kalau dicabut malah nggak bisa makan lagi…..
untung aku nggak pelihara kucing.

camera
Guest

duh kasian banget…
klo kamu yang sakit saya mau dech ngerawatnya…
hehehehe…
kidding…
salam kenal….

exwimpasran@yahoo.co.id
Guest
exwimpasran@yahoo.co.id

salam kenal

exwimpasran@yahoo.co.id
Guest
exwimpasran@yahoo.co.id

apa ya obat nafsu makan kucing? didaerah ku g’ ada dokter hewan ataupun apoteknya hiks

desiJiastu
Guest
desiJiastu

kucing aku sekarng juga lagi ga nafsu makan, di rongga mulutnya bengkak.. kynya sih sakit gigi.. karna ga mau makan aku kasih minum susu aja tiap berapa jam sekali.., mu dibawa ke dokter hewan tapai ga da duit..

ga tega liatnya.. 😥

gmn ya biar dia bs balik lagi kaya dulu.. 🙁