Gara-gara Ikan Tuna: Alergi atau Keracunan?

Beberapa hari yang lalu saya mengalami kejadian yang sangat luar biasa dan pertama kalinya dalam hidup saya. Hal ini berkaitan dengan makanan laut yang biasanya saya makan dengan nikmatnya tanpa efek apa pun setelahnya, tetapi beberapa hari yang lalu itu memang benar-benar mengejutkan.

Beberapa hari yang lalu saya pergi ke tempat saya biasa makan ikan di jalan Kaliurang km 6.8, setelah sampai langsung saja saya memesan satu ikan nila dan satu ikan tuna yang tinggal satu-satunya. Saya meminta ikan nila tersebut untuk digoreng kering dan ikan tunanya dibakar kering. Saya dan pacar saya pun menunggu datangnya makanan. Setelah sekian lama menunggu barulah datang ikan-ikan kami.

Alergi atau Keracunan Ikan Tuna?

Saya pun memakan ikan tuna bakar saya yang lezat dengan lahapnya. Di tengah-tengah makan saya merasa ada yang aneh pada diri saya. Saya merasakan tekanan denyut nadi yang tinggi di kepala saya, apa mungkin gara-gara tadi sorenya saya habis berolahraga? Ah sudahlah saya tidak memikirkan itu lagi dan saya pun menunggu pacar saya selesai makan.

Setelah pacar saya makan, kok denyut nadinya semakin menjadi-jadi. Saya pun membayar makanan kami, lalu berkehendak untuk pulang. Waktu naik motor kok telinga saya rasanya panas sekali, saya pun membuka helm di lampu merah untuk diperlihatkan kepada pacar saya, ternyata daun telinga saya sangat merah seperti udang rebus. Wah saya pun menjadi curiga, jangan-jangan alergi.

Pukul 8.20 PM. Tadinya saya ingin langsung pulang ke kos, tetapi karena saya merasa ini kok aneh sekali maka saya mampir dulu di kosan pacar saya untuk melihat kondisi saya. Setelah masuk kamar, saya pun langsung mencari cermin. Ternyata yang saya temukan memang benar-benar muka dan telinga saya seperti udang rebus dan kepala saya makin berdenyut-denyut. Saya pun tidak puas hasil tersebut, saya pun melihat badan saya yang semakin panas. Ternyata badan saya sudah merah-merah juga! Wah saya pikir saya alergi ikan tuna, tetapi kenapa baru sekarang??? Saya sering makan ikan tuna kok tapi tidak timbul efek apa-apa. Makanya, saya berpikir bahwa saya keracunan ikan tuna.

Saya pun berbaring di lantai untuk mendinginkan badan yang sangat merah dan panas ini. Karena saya tidak betah berdiam diri, maka saya pun melihat badan saya lagi di cermin dan ternyata merah-merahnya merambat ke ulu hati dan lengan. Saya pikir saya bakal mati gara-gara ini.

Pulang ke Kos

Saya segera berpaminat kepada pacar saya untuk pulang dan istirahat. Sesampainya di kos saya tidak langsung istirahat karena mendengar teriakan anak kosan yang bermain Pro Evolution Soccer ya sudahlah daripada sakit sendiri lebih baik saya main-main di kamar teman saya tersebut.

Saya perlihatkan merah-merah di badan saya kepada kedua teman saya, mereka bilang saya terkena alergi. Namun, saya tidak percaya karena saya sering makan ikan laut termasuk ikan tuna dan tidak pernah kejadiannya seperti ini. Saya pun langsung melihat ke cermin dan membuka baju saya, ternyata merah-merahnya sudah sampai ke perut saya dan tangan saya sudah tertutup full dengan merah-merah tersebut. Ah, sudahlah paling nanti juga sembuh.

Saya pun mengalihkan rasa nyut-nyutan di kepala saya dan rasa panas di badan saya dengan bermain Pro Evolution Soccer yang sebenarnya saya tidak bisa memainkannya :mrgreen: tetapi diajarkan oleh teman saya. Waktu pun berlalu, mulai dari teman saya satu lagi datang bawa susu, bawa pempek, bawa laptop, berlalu lalang tidak jelas. Akhirnya pada jam 11.20 PM saya melihat kembali badan saya, ternyata yang tadinya merah-merah di perut sekarang sudah berkurang drastis. Wah, ini tandanya saya akan sembuh. Saya pun kembali ke kamar untuk beristirahat. Dengan demikian, saya mengalami pengalaman tidak mengenakkan tersebut selama kurang lebih 3 jam. Sungguh pengalaman yang luar biasa.

Keesokan paginya saya bangun dengan bugar tidak ada lagi denyat denyut di kepala atau rasa panas di badan. Namun, saya memiliki beberapa pertanyaan, sebagai berikut:

  1. Apa mungkin saya terkena alergi ikan tuna?
  2. Kalau terkena alergi mengapa baru sekarang saya mengalaminya, padahal saya sering memakan makanan laut termasuk ikan tuna?
  3. Apakah alergi bisa disebabkan karena penumpukan alergen (penyebab alergi) yang pada titik tertentu baru timbul efek alerginya?
  4. Apa mungkin kalau keracunan ikan tuna, efeknya seperti yang saya tuliskan di atas?

Kalau ada yang bisa menjawab dan memberi penjelasan rinci saya sangat berterima kasih sekali yah :mrgreen:

27
Leave a Reply

avatar
23 Comment threads
4 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
25 Comment authors
WinarnuaryaDedyjennieStevi Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
artman
Guest
artman

alo aprilin,
itu sebenarnya alergi karena ikanya sudah busuk. Pertolongan pertama adalah dengan minum susu.
Aku juga sedang cari tau lebih lanjut, soalnya dulu aku dan 3 temanku makan ikan yg sama tapi cuma aku yg kena kayak kamu. Mungkin ini ada hubunganya dengan lever(aku dulu hobi bergadang, jadi mungkin leverku sudah lemah).
Aku msh cari info tentang itu.
Atau kalo kamu dapat info hubungi aku lewat facebook aja ya.
Thanks….

dewie
Guest
dewie

sama dong…kami bertiga satu rumah juga mengalami hal yg sama dimulai dr kepala berdenyut kencang, panas dimuka dan telingga sampai warnanya merah..,kita tertolong dengan minum cairan klorofil , sehingga bisa netral kurang dr 3 jam, dan setelahnya biasa kembali, kemungkinan besar memang dr ikan yg tersimpan cukup lama di dlm frezer lbh dr 3 hr sepertinya…meski waktu itu kita beli langsung dimasak dan hanya dagingnya aja kita lumuri tepung…, ini pun masih cari informasi juga… thx…ada info spt diatas…!

aditio
Guest
aditio

Haloo….aprilin thanks for infonya… 2 jam sebelum saya menulis komen ini saya juga mengalami Hal yang sama, merasa panas dan merah diwajah seperti udang rebus. Sama halnya seperti Aprilin saya juga terkena “kondisi” ini Pasca makan tuna bakar. Karena anak kostan dan Jauh dirantau orang saya sempat panic at the disco, melihat kondisi Badan saya serta denyutan kepala seperti ada marching band tampil. Ditengah kepanikan saya memaksakan diri untuk berbaring walaupun tidak banyak membantu. Akhirnya saya iseng googling dengan syukur bertemu tulisan Anda. Semua ditulisan saya juga rasakan secara sempurna. Lngsung saja saya meminta temen sebelah kamar membelikn susu beruang.… Read more »

nessia
Guest
nessia

Haloo,

Gw sama abang gw lagi ngerasain yg aprillins rasa..
Jd yg hrs gw lakuin adalah main ps yah??
Hehhehehehe

Jadi cuma istirahat plus minum susu aja yaaahh solusinya?

Retno
Guest
Retno

Kemarin, saya dan suami jg keracunan ikan tuna yg saya masak. Sepertinya ikanny sdh tidak segar lg. Sama seperti dgn April, sya pusing sekali dan denyut nadi di kepala saya kencang spt mau pecah. Kalo suami cm mencret2 tp tdk pusing krn ikan yg suami sy makan tdk sebnyk saya. Tp sebenarnya setiap orang pny reaksi yg berbeda2 thd racun.
Suami saya membeli air Kelapa hijau yg biasa dipakai u obat, terutama u keracunan. Tidak sampai 1 jam reaksi racunnya sudah hilang…
Semoga tips ini membantu ya…

Orihime
Guest
Orihime

Sori ikutan nebeng, tapi gw bener2 makasih sama yg punya blog ini. Barusan aja gw ngalamin gejala sama, kepala nut2an n merah kaya udang rebus. Masalahnya kali ini karena makan bandeng. Deket rumah gw kan ada yg jual, nah gw beli tuh buat makan siang di kantor.
Awalnya si bingung, ini demam biasa ato kenapa. Searching google, ternyata keracunan…. x(
tapi karena di kantor ga ada susu jadinya minta tolong OB beliin Norit dah, plus minum air banyak2. Survival thinkin… Akhirnya sudah agak mending dlm waktu 2 jaman. Ga bisa kerja sama sekali, ga konsen.

moy2
Guest
moy2

Ikutan nimbrung gals…2 jam yg lalu gue jg baru abis keracunan ikan tuna yg d goreng pake tepung…rasanya kriuk2 gurih n nambah nasi 2 kali..eeeh..kagak taunya abis itu kepala langsung cekot2..muka n sluruh tubuh merah jantung berdebar2 klo berdiri kliyeng2 nih badan..trs brosing2 dpt blog ini..yg ternyata emg penyebab na si ikan tuna ituu..thank u bertubi2 deh udah sharing pengalaman nya…

keegan
Guest
keegan

hai, gua ikutan nmbrung juga, kayanya saya juga keracunan ikan laut busuk. badan merah semua, napas sesak, jantung dag dig doer.dan kepala nyut-nyut. buset dah. tp ini udah minum susu,belum ngefek sih,, ya mudah mudahan sembuh juga dlm 2 jam. amin . makasi ya udah tulis blog ini. 🙂

Paisal
Guest

sejam yang lalu mengalami hal serupa gara2 ikan tuna, panik luar biasa, searching google nemu blog ini dan sangat membantu terimakasih banyak ya April

mirsha
Guest
mirsha

Hallo..
Makasih info nya,,saya 5 jam yg lalu saya merasakan hal yg sama dengan aprilin,saya memakan ikan tongkol,biasa ny jg ga ada kejadian apa” stelah makan ikan tongkol baru td siang aja langsung muka memerah,denyut nadi makin menjadi,panas disekujur tubuh,sumpah bener”takut banget,, karna ga tau n panik akhirnya q bawa ke dokter,, jadi bisa sembuh cm minum susu ya,,

prasetio
Guest
prasetio

Wah saya juga nemuin serupa, awalnya saya makan ikan tuna goreng, terus tiba2 hbis makan ko badan terasa limbung dan kepala pusing, setelah nemuin blog ini trnyata bener, kalo aq keracunan ikan tuna. Thank b4.

Maraden
Guest
Maraden

saya baru saja kena alergi gara-gara ikan tuna busuk….nyesel beli dan makan di kantin kantor…sekarang saya lagi nyoba minum susu bear brand deh supaya bisa cepat sembuh alerginya…

windy marisa
Guest
windy marisa

Hai aprillin..
Gua jg prnah ngerasain hal yg sama, luar biasa rasanya, gua panik skli wkt itu, kembaran gua jg kena, tpi duluan gua (pagi), kembaran gua mlmnya, gua sih awalnya cuma demam, kalo pusing gua udh biasa, tpi nyut nyut an kyk gtu gk biasa, stelah kmbaran gua kena baru gua yakin kalo gua keracunan tuna.
Ikannya udah berhari-hari dlm freezer, hari sebelumnya sih gua mkn msh aman, tapi mati lampu (kulkas off), bsoknya digoreng lagi sama mama gua, dan seperti itulah kjadiannya pas gua mkn lagi -__-

kaiden
Guest
kaiden

hari ini saya mengalami hal yg sama sampe masuk ugd, saya browsing karena gak yakin keracunan, ternyata ada yg pernah mengalami hal yg sama

Ekky
Guest
Ekky

Broo ane ngalamin juga nih -_- Gara Gara kemaren Makan di Fitsa Hats Tuna Melt -_- Sumpah tersiksa.. ada yang tau obat nya broo? Kalau tau sms gua ya 08115129121

Veni
Guest
Veni

Baru saja anak saya umurnya 8thn.makan ikan tuna, muka dan seluruh badan nya juga sama seperti itu merah semua dan bentol bentol serta panas , lalu batuk batuk dan pusing. Oh ternyata tuna nya yang beracun ya, Karena selama ini tidak ada alergi makanan Apapun. Jadi ngeri ya makan ikan. Makasih ya info nya dari blog ini. Sedang nunggu nih kapan merah merah nya hilang. Kuatir banget soalnya

chandraw
Guest

Gw keracunan, minum susu ultra cokelat, gak lama gw muntah, gw anjurkan agar kalian dimuntahin, kuping merah, perut merah, tangan merah, tukang sayur bangsat

Master Tuna
Guest
Master Tuna

Penyebabnya karena histamin gan

kasihandi kurniawan helmi fansuru
Guest
kasihandi kurniawan helmi fansuru

Wistri sy baru sja merasa kpalanya nyut2an..muka dan bdan memerah.mual ktx.jantungx berdebar2.dan dy bru mkn ikan tuna.pdhl dy srg mkn ikan laut tp tdk smpek gt.lgsg sja sy kasi air kelapa muda.dan g smpe 1 jam alhmdllh mualx hilang.pusingx g sberapa dan memerahx mulai hilang.sy pkir mgkn istri sy itu kn pke cream wjah.ktemu ikn tuna yg proteinx tinggi mgkn sja bs jd racun k tubuhx.apalagi orgx agk gemuk.mgkn kelebihan protein dbadan qt jg berpengaruh trhdap ikan ini.tp dy td blg kpala ikanx rada membau gt.sy bingung.ini dr badan dy yg g bs nerima atw dr ikannya ya.pdhl ke sy… Read more »

Stevi
Guest
Stevi

Sangat membantu. Terima kasih

jennie
Guest
jennie

saya juga merasakan hal yg sama pada saat siang hari, saya memakan tuna asap pedas sebelum zuhur saya makan tapi pada saat jam set1 saya merasakan pusing di kepala sangat sakit dan berdenyut tapi saya tidak ambil pusing dan hanya mengoleskan dengan minyak kayu putih, lalu saya berbaring untuk tidur siang. Setelah saya bangun saya merasakan kepala sudah tidak sakit dan kembali seperti semula. Namun pada saat malam hari sesudah isya saya makan kembali dengan tuna asap pedas itu dan tidak lama saya merasakan samit kepala yg luar biasa sampai saya tidak kuat dan mengeluarkan airmata. setelahnya saya melihat ke… Read more »

Dedy
Guest
Dedy

Waduh, thx banget kemaren saya ngalamin hal yg sama , buru2 browsing dan nemu tulisan ini btw yg saya makan pala ikan tuna, reaksi 15 menit setelah saya maka, setelah nemu tulisan ini saya minum susu ultra 1liter, dan setelah itu mual lalu buang feses yg sangat cair… btw thx ya infonya

arya
Guest
arya

wah siapapun yg punya blog ini dan nulis artikel ini, terima kasih banget, saya ngalamin itu 2 jam yg lalu jga, saya kira alergi, tapi tidak gatal2, sekarang sedang dicoba pake susu, terima kasih banget

Winarnu
Guest
Winarnu

Saya merasa hampir “berangkat” ketika insiden keracunan ikan menimpa saya. Demam dan panas. Saat mandi, dalam keadaan berdiri saya tiba2 melorot hampir tergeletak dan pandangan gelap. Pulih setelah makan obat alergi dan obat demam di RS jantung. Belakangan dokter sub-spesialis aritmia mengkonfirmasi bahwa saya positif mengidap Brugada Syndrome yang sangat rentan terhadap demam. Demam tinggi bisa menyebabkan penderita Brugada Syndrome meninggal mendadak karena fibrilasi ventrikel jantung. Penderita Brugada Syndrome perlu berhati-hati ketika gejala demam keracunan/alergi ikan terjadi. Segeralah makan parasetamol dan pergi ke rumah sakit.