Apa Sih Enaknya Pakai VPS?

Apa itu VPS? VPS itu kepanjangan dari Virtual Private Server. Dengan VPS kita bisa semaunya mengkonfigurasi server seperti halnya server adalah milik kita sendiri. Kalau shared hosting kita akan dibatasi dari segi penggunaan resource dan memory karena dibagi-bagi dengan user lain. Nah, kalau VPS tidak. Kok bisa begitu? Eits jangan senang dulu, bukan berarti dengan VPS kita bisa semaunya, melainkan kita harus memanajemen VPS kita. Bagaimana jika VPS tidak dimanajemen dengan baik? Website akan down secara otomatis jika kebanyakan pemakaian resource! Ibaratnya kita punya komputer sendiri, nah kalau spesifikasinya ga kuat tapi dipaksain untuk menjalankan program atau game berat kan pastinya bakal lelet dan patah-patah, tul gak?

Lalu apa enaknya pakai VPS? Saya belum genap satu bulan memakai VPS, tetapi sudah bisa merasakan enaknya pakai VPS terutama yang managed VPS. Kalau managed VPS itu, VPS dimanajemen oleh pihak penyedia webhosting. Jadi, kita ga usah repot-repot pakai update-update software server segala. Setahu saya sih gitu. Nah, lalu apa enaknya pakai VPS dibandingkan dengan shared hosting? Enaknya adalah:

  1. Kalau ingin download file dengan ukuran besar ke dalam server tinggal pakai SSH saja! Nanti servernya mendownload secara otomatis dari server tujuan ke server akun kita. Perintah dari untuk mendownload dari SSH cukup mudah loh, cukup ketik wget [file URL]. Misalnya mau mendownload http://sapiterbangenak.com/filmbagus.flv, kita tinggal ketik wget http://sapiterbangenak.com/filmbagus.flv. Nanti file tersebut di download dari server secara cepat! Jadi ga usah repot-repot download dari situsnya langsung terus baru di-upload dari PC/Laptop. Menghabiskan waktu saja!
  2. Kita diberitahukan kalau ada pihak yang menyerang situs kita. Jadi IP penyerang bisa diketahui oleh kita, jika kita ingin selidiki kita mungkin bisa mengetahui siapa yang menyerang situs kita. Jangankan itu, filepath yang diserang dan metode penyerangan juga diberitahukan loh lewat email.
  3. Ownership (kepemilikan) file bisa diset sesuka hati! Saya sempat kerepotan dengan ini karena wordpress saya selalu saja mengharuskan memasukkan password ketika ingin update plugins atau mendownload file. Lebih lagi, theme editor pada wordpress tidak bekerja alias filenya tidak bisa diedit, pesannya disuruh mengedit file permission yang bersangkutan menjadi 777. Saya sempat kebingungan karena file permission 777 itu kan global jadi bahaya untuk web security. Akhirnya saya menemukannya dengan mengubah file ownership. Caranya dengan perintah chown [namapemilik]:[namagroup] [file].
  4. Bisa membuat paket hosting sendiri! Jadi jika ada teman yang ingin memakai hosting gratis bisa saja saya menyediakannya dengan membuat akun baru melalui WHM Panel saya. Atau jika saya ingin menyediakan hosting berbayar juga bisa, tinggal saya set saja harganya. Tapi, saya belum terlalu mengerti soal ini karena belum pernah menjual/membagi VPS saya dengan orang lain secara berbayar. Seluruh akun yang saya buat hanya untuk situs-situs saya saja. Hehehe maklumlah ‘kan Newbie.

Kira-kira itu keuntungannya pakai VPS, ada yang tertarik untuk berpindah hosting dari shared hosting ke VPS? 😎 Saya merekomendasikan KnownHost karena selama ini tidak ada masalah hehehe..

Catatan: Kalau ada kesalahan tolong dikoreksi ya :mrgreen:

3
Leave a Reply

avatar
3 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
ijulFoto Uniktomie Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
tomie
Guest
tomie

gratis ga?
cara settingnya gmn?

Foto Unik
Guest

Betul Bro…Mantaap, aku juga baru beberapa bulan ini coba menikmati VPS, cuma karna masih baru, jadi masih belum banyak feature yang terpakai.

Salam Kenal

ijul
Guest

uenaaak pke vps, cm pasti lbh mahal, tapi bs jadi bahan percobaan utak atik semau kita, biar kita tambah ngerti gitu… dan bs jg di ecer macem2…… untuk balik modal gak susah2 amat kok, asal komunitas udah ada dan kita dikenal cukup bs dipercaya, di indonesia rata2 mulai dari $10/bln, tapi itu mungkin udah harga reseller, klo mau langsung dari tangan pertama bisa sampai $5 dgn spesifikasi yg sama -bahkan lbh bagus- cm mslhnya klo konsultasi/bayar2 agak lbh repot dan klo g pinter milih bisa kejebak penyedia yg kurang sip, referensi vps2 murah meriah http://www.lowendbox.com :cheers: