Perbedaan Cendo Xitrol dan Cendo Fenicol

Kali ini saya akan mencoba untuk mendeskripsikan dan mengupas tentang obat-obatan yang akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya obat mata. Cendo Xitrol dan Cendo Fenicol adalah dua obat yang berfungsi sebagai penyembuh penyakit mata. Namun, dari segi nama, kedua obat yang fungsinya sama ini, memiliki perbedaan, yaitu Xitrol dan Fenicol. Perbedaan ini tentu dibuat bukan asal-asalan, melainkan memiliki spesifikasi obat yang berbeda satu sama lain.

Cendo Xitrol

Cendo Xitrol memiliki kegunaan untuk mengobati penyakit mata yang diindikasikan sebagai berikut:

  • Pengobatan infeksi mata yang meradang
  • Konjungtivitis (radang selaput ikat mata) akut atau kronis yang tak bernanah
  • Blefarokonjungtivitis dan keratokonjungtivitis
  • Keratitis superfisial (radang pada permukaan kornea/selaput bening mata) non-spesifik
  • Radang pada kornea bagian dalam
  • Keratitis akne rosase
  • Iridosiklitis (radang selaput pelangi dan badan siliar)
  • Iritis (radang iris/selaput pelangi) akut yang ringan
  • Blefaritis (radang kelopak mata) yang tak bernanah
  • Skleritis (radang selaput mata keras)
  • Epiekleritis (radang permukaan selaput mata keras)
  • Sklerokonjungtivitis
  • Herpes zoster pada mata
  • Pencegahan infeksi setelah operasi mata

Penggunaan Cendo Xitrol dalam jangka panjang dapat memicu pertumbuhan organisme yang resisten terhadap Cendo Xitrol. Kandungan Cendo Xitrol adalah Dexamethasone, Neomycin Sulfate, danΒ Polymyxin B Sulfate.

  • Dexamethasone memiliki fungsi sebagai anti-alergi dan pengobatan terhadap penyakit kulit. Dexamethasone tidak boleh diberikan pada penderita herpes simplex pada mata. Pengobatan yang berkepanjangan dapat mengakibatkan efek katabolik steroid seperti kehabisan protein, osteoporosis dan penghambatan pertumbuhan anak.
  • Neomycin Sulfate berfungsi sebagai pengobatan terhadap infeksi kulit, luka cakar atau teriris, dan luka bakar.
  • Polymyxin B Sulfate secara aktif melawan kuman yang bernama Ps.aeruginosa. Antibiotik ini mengintervensi membran sitoplasma kuman yang mengganggu pengaturan cairan pada mata.

Cendo Xitrol bisa dibeli di apotek terdekat dengan harga kurang lebih Rp30.000.

Cendo Fenicol

Cendo Fenicol memiliki kegunaan untuk mengobati penyakit mata yang diindikasikan sebagai berikut:

  • Trakhoma
  • Keratitis (radang selaput bening mata)
  • Konjungtivitis (radang selaput ikat mata)
  • Dakriosistitis (radang kantung air mata)
  • Uveitis (radang uvea/lapisan dalam mata yang terdiri atas selaput pelangi, badan siliar, dan koroid)

Penggunaan Cendo Fenicol dapat memicu pertumbuhan kuman yang resisten terhadap Chloramphenicol. Anti-biotik bernama Chloramphenicol ini berasal dari bakteri bernama streftomyces venezuelae yang dapat berfungsi sebagai pencegah tumbuhnya jamur. Namun, ada efek samping dari penggunaan jangka panjang obat yang mengandung Chloramphenicol yaitu penyakit hati, ginjal, dan kanker. Penggunaan Chloramphenicol akan efektif pada infeksi serius yang disebabkan oleh Salmonella sp. dan H. influenzae, tetapi efek samping yang mungkin timbul adalah radang syaraf mata.

Cendo Fenicol bisa dibeli di apotek terdekat dengan harga kurang lebih Rp40.000.

Pendapat Pribadi

Setelah mempelajari secara seksama, maka dapat saya simpulkan bahwa penggunaan Cendo Fenicol jangka panjang sebagai obat mata sangat tidak disarankan. Alasan logisnya adalah bahwa Cendo Fenicol yang mengandung Chloramphenicol dapat menimbulkan efek samping terkait dengan wilayah mata yaitu radang syaraf mata. Obat ini mungkin lebih cocok digunakan jika sakit mata berkaitan dengan selaput mata dan menyebabkan belekan secara berlebih.

Cendo Xitrol tidak disarankan apabila digunakan dalam jangka panjang, karena Dexamethasone dapat menimbulkan efek samping yang lumayan mengerikan. Tampaknya, obat ini bisa digunakan jika mata berair, tetapi tidak mengeluarkan belek secara berlebih. Komposisi Cendo Xitrol, kelihatannya ditujukan untuk sakit mata yang diakibatkan oleh serangan fisik.

Itulah kiranya pemahaman awam saya terhadap obat mata. Ternyata, Cendo Xitrol maupun Cendo Fenicol tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang yah.. heehehe :mrgreen: Sekian, kalau ada kesalahan mohon dimaklumi karena saya bukan apoteker maupun dokter. Pembuatan posting ini hanya untuk pembelajaran saja. Oleh karena itu, jika ada kesalahan mohon dikoreksi heheh.

Jagalah kesehatan mata dengan sebaik-baiknya πŸ˜€ untuk informasi tentang kesehatan silakan kunjungi health philosophy.

CMIIW πŸ˜›

80
Leave a Reply

avatar
63 Comment threads
17 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
67 Comment authors
aprillinsPipitRati apriyantiYunitaaiduf Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Bang Iwan
Guest

Apapun yang namanya obat sintetik pasti berbahaya.
Sebaiknya kembali mengunakan ramuan atau herbal.

lin
Guest

waduh malah tmbh bingung :(,
lg skit mata neeh,nyari di internet obtnya cendo xitrol, nyari2 ket cendo xitrol ktnya mengandung steroid, lbih aman pke cendo fenicol,,
gmn dunk..

attayaya
Guest

uuughhh… kupikir tadi es cendol

susah neh komen
kena eror

ERROR
The requested URL could not be retrieved

While trying to retrieve the URL: http://harian.aprillins.com/wp-comments-post.php

The following error was encountered:

* Zero Sized Reply

Squid did not receive any data for this request.

Your cache administrator is webmaster.

udinmduro
Guest

hehehe balik lagi berkunjung, sorry bos, backlinknya dah dipasang meski agak telat ndak apapa yaa?.. πŸ˜‰ πŸ˜›

bunda alka
Guest
bunda alka

anak ku alka, kmrn sakit mata.dokter ngasih resep cendo fenicol dan alka sembuh dalam 2 hari.bisa digunakan lagi lho kalo disimpan dgn baik;-)

lusi
Guest
lusi

tanya yach,
Kemarin saya terkena gejala sakit mata, lalu saya tetes dg visine dalam dua hari sdh sembuh, tp msh terdapat bercak merah pada putih mata,apakah cendo fenicol ( salepnya) dpt diolesi pada putih mata ya???

trackback

[…] obat lain dalam mengobati mata yaitu cendo fenicol dan cendo xitrol, tetapi kedua obat ini juga harus dengan saran dokter karena termasuk obat keras […]

arsya
Guest

waw.. …. sy dah pake cendo xitrol 3 hari. tp mata saya masih sipit gara-gara ketutupan. ngilangin perih si iya. tp…. p bhy ni?

Hendra
Guest
Hendra

Kalo cendo untuk anak dibawah 5 tahun baiknya pake yang mana? thanks

dhidie
Guest
dhidie

to hendra:
sebaiknya pake cendo fenicol 0.25%, anak sy 2 1/2 th stlh pake itu 2 hr sembuh

snoopy
Guest
snoopy

anakku 5 thn lagi belekan, bisa sembuh pake xendofenicol ngga?

indah
Guest
indah

dulu aku pernah kena radang kelopak mata sblh kiri kyk org timbilen , dikasih cendo xitrol slama 1 minggu nggk sembuh, trs kata dokternya harus operasi, aku nggk mau (trs terang klo sdh dengar istilah dioperasi berarti dibedah) akhirnya jarak setahun akhirnya sembuh hilang tak berbekas, aq nggak tahu apa krna rutin minum herbal (antibiotik alami)kadang aq tetesin jg tuh herbal dimata. skrg timbul lagi tapi disebelah kanan. mw aq tetesin cendo xitrol apa tdk ya? atau operasi sj… 😯

desy
Guest
desy

anak saya dah 3 hari sakit mata sudah k klinik dkt rmh tp tdk ada perkembangan tp malah membengkak,apa kalo saya kasih cendo fenicol 0,25 % bisa membantu.tolong konfirmasi bantuannya πŸ™

mamah cheli
Guest
mamah cheli

Anak sy 3 thn n ponakan sy 2thn diksh dokter Cendo Fenicol..cara pakainya ckp oles kan tipis di kelopak bawah mata sebelum tidur..2 hari sembuh..usahakan anak jgn dibawa selama ms pnyembuhan,tks

miss lili
Guest
miss lili

o maii gaatt..
skr saya sdg pkai cendo xiprol, bru tdi pgi saya beLi..
wktu td pgi saya bangun tidur, mata saya belekan banyak dan bengkak, lalu saya ksh cendoxiprol, dan tadi sore saya tetesi lagi obat itu. sekarang mata saya beleknya lumayan berkurang ( walaupun masih suka keluar) tapi mata saya masih merah dan tambah bengkak..
tpii ternyata katanya cendoxiprol obt keras dgn efek smping lumayan brbahaya..(jadii takuut nih..hhe πŸ™„
so apa masih perlu saya gunakan obat ini? padahal saya baru sehari sakit mata..kalau saya hentikan..apa mungkin akan lebih lama lagi penyembuhanny?

Pit Kupat Kapit
Guest
Pit Kupat Kapit

πŸ™ udah 4 hari mataku bengkak,merah,berair dan nyeri. tiap pagi sama malem biasanya kumat. udah di tetesin Xitrol (resep dokter) tapi belum sembuh juga πŸ˜₯

Deni abady
Guest
Deni abady

Minta tolong dibantu…
Saya dulu wkt umur 8tahunan pernah sakit mata yg saya kira aneh..gejalanya kalau siang hari itu suka gatel2 kayak ada yank ganjal,kelihatannya tu sangat sensitif kalao kena sinar matahari.setelah itu saya konsultasi dgn dokter,diberi resep cindo xitrol,beberapa hari kemudian sembuh total,tp yang saya herankan sekarang umur saya 21 tahun kambuh lagi,rasanya dimata kiri saya kayak ada belek yang sring nutupi pengelihatan saya,kayak buram gak jelaz buat ngliat. Yang saya tanya kan pa kira2 efek dari obat tsb ya.. Terus kira2 apa obat yang cocok buat mata saya…terimakasih….

dr.haryadi
Guest
dr.haryadi

bila boleh sedikit memberi pendapat untuk mas deni abady : mas, sepertinya bila ada keluhan penurunan kemampuan penglihatan sebaiknya jangan menggunakan sembarang obat tetes mata, sebab penggunaan obat tetes mata cendo xitrol juga sangat tidak disarankan apabila ada gangguan pada kornea atau penglihatan. Saran dari saya sebaiknya diperiksakan ke dokter atau menggunakan obat tetes mata anti iritasi yang teringan, seperti visine atau rohto, atau cendo lyterrs. Efek samping dari obat2 cendo xitrol adalah sama seperti efek samping dexamethasone pada umumnya yaitu iritasi lapisan kornea, atau bahkan menimbulkan koinfeksi jamur bila digunakan untuk waktu yang lama. semoga dapat sedikit memberikan informasi..

ahmad
Guest
ahmad

saya sudah 8 tahun pake cendo xitrol,karena mata saya merah terus.sembuhnya hanya 1 hari terus kambuh lagi.saya takut efeksampingnya apa yah.terimakasih

Pipit
Guest
Pipit

Maaf Dok .. ini anak saya lg batuk berdahak dan pilek dr kmrn … pagi ini bangun tdr sikecil matanya keluar kotoran mata byk sekali (ky belekan) … sebaik nya menggunakan obat tetes cendo yg mana ya Dok …usia anak saya 6 th … terima kasih sblmnya

del
Guest
del

bangun tidur tau2 mata bengkak dan meraaaahhh bgt…tp ga perih,,tp aga sdikit belekan yg lengkeeet.. 😑 😈
pakenya apa yah? cendo xitrol ato apa niyyy?biar cepet sembuuuhhh?
makasihhh..
πŸ˜‰ πŸ˜‰

David Parlind
Guest

tolong bantu saya utk kasih info bahwa obat mata yg cocok buat sakit mata yg ada tumbuh bintil di kelopak kulit luar mata.teman saya sgt membutuhkan informasi obatnya? Terima kasih

namakum
Guest
namakum

lebih baik konsultasi dengan dokter mata

roro
Guest
roro

Saya sedang hamil 6 minggu. Sudah 3 hari ini sakit mata. Sudah diobatin pake oxytetracycline dari dokter, tapi belum ada kemajuan. Baru aja nih beli cendoxitrol, tapi setelah baca artikel ini jadi ragu, karena ternyata obat keras. Di pake ngga ya…? Ada pengaruh ngga nantinya ke janin? Mohon bantuannya untuk menjawab. Terima kasih.

roro
Guest
roro

Oh ya gejalanya, bengkak, merah, dan berair. Tapi tidak belekan.

ian
Guest
ian

kemaren ceritanya kan saya nyetir malem,trus saraf mata kan tegang karena nahan ngantuk,trus kok paginya mata kiri memerah,trus siangnya aq belikan insto,trus tdr bangunnya belean,bagusnya diapain ya sementara?kalau pakai cendo kok ngeri y bahannya,nasehat dunk secepatnya,thanks

Bunda nudivia
Guest
Bunda nudivia

salut untuk orang2 awam (termasuk aq jg hehehe….narsis.com) yang selalu mencari solusi cerdas khususnya dalam bidang kesehatan… krn menurutku sistem tubuh kita adalah sistem yang paling hebat melebihi sistem komputer atau apapun buatan mns… makanya kita jaga sistem dgn tidak mengg”ganggu”nya dg obat2an kimia sintetik… bisa2 susah balikinnya lg berabe…. semua mslh kesehatan ada solusinya dan solusi itu adl pilihan mau yg cerdas or konvensional….

ikra saja
Guest
ikra saja

Dear aprillins. Terimakasih untuk uraiannya. Aku memang sedang cari tahu tentang Cendo Citrol dan Cendo Levofloxacin di internet. Penjelasan Anda bagus dan mencerahkan. Kedua obat itu diberikan oleh dokter mata setelah mengoperasi mata kananku karena urusan katarak. Mata kananku sekarang bisa melihat dengan terang benderang! Maka minggu depan aku akan operasikan mataku yang kiri, agar bisa kembali terang benderang kedua penglihatanku. Kerjaku sebagai penulis dan pembaca akan makin lancar nanti — horeeee…! Thanks, Doc! Ada dua hal yang Anda tidak sajikan: (1) Berapa lama yang Anda maksudkan dengan “penggunaan jangka panjang” itu? (2) Alternatif obat lain yang tidak mengandung bahaya… Read more »

denish
Guest
denish

setahun yg lalu sy ikut gurah utk membersihkan lendir hidung dan tenggorokan, tp ternyata ada sinus di hidung kanan (sinus maxilaris dextra) shg lendir tdk dpt keluar dan pipi kanan jd bengkak kmdian hrs dibersihkan dg dsemprot smacam cairan oleh dokter, tp setelah operasi tsb mata kanan sy jadi sering bahkan terus2an berair dan keluar belek. Stlh sy periksakan ke dokter spesialis mata dikasih spersadex terus dilanjutkan dg tarivid tapi sampai sekarang tdk ada perubahan smsekali, mohon yg punya solusi sy dibantu… terimaksh

eko
Guest
eko

iya udah hampir 2 minggu sakit mata, bagian bawah mata bengkak, udah di obatin ga sembuh juga, huh jd bkin emosi 😳 πŸ‘Ώ

Amai Josh
Guest
Amai Josh

Saya udah 4 hr sakit mata dikasih obat tetes Inmatrol (kandungannya kayakx sama dengan Cendo xitrol) tp lm sembuh juga. bahkan pk obat minum antibiotik (amox), demakolin plus Dexametason (resep dokter lho…). Gimana ini.Mau “coba” cendo fenicol aja deh….

Jefri
Guest
Jefri

Tx bwt pnjelasany. . Tp saya mo tny neh, swktu saya pake cendo xitrol ke mata saya yg sakit, kok dmulut saya trasa agak pahit ya? Sbnarnya apa sih efek obt ne kemulut penggunanya? N seandainya qt minum boleh ga? N apa efknya bgi ksehatan q?

Ria
Guest
Ria

mau tanya donk..anakku usia 2 thn 5 bln sejak 3 hr yang lalu sakit mata, aku cuma kompres saja dengan air hangat setiap bangun tidur krn selalu belekan tapi warna mata tidak terlalu merah dan kalau sedang melek tidak belekan hanya setiap bangun tidur saja. Pertanyaannya apa boleh pake cendo fenicol? lebih bagus yang salep atau yang tetes y?..mohon bantuannya segera ke email saya. Terimakasih byk

yani
Guest
yani

setip 10 menit harus bersihin belek tipis dimata bosan ni,,,trkadang juga malu,,,,kiranya obat apa ya yg cocok ni

tika
Guest
tika

ak sakit mata bengkak,berair terus n merah.tp ga belekan. Udah 3 hr,n diobati pk cendo xitrol br 1 kali. Tp rasanya abis ditetesi malah perih bgt spti terbakar. Apa mgkin ada luka didlm mata ato efek dr cendo xitrolnya yah? Jd takut mau ditetesin lg. Sebaiknya pake obat apa?
Trims

tika
Guest
tika

ak sakit mata bengkak,berair terus n merah.tp ga belekan. Udah 3 hr,n diobati pk cendo xitrol br 1 kali. Tp rasanya abis ditetesi malah perih bgt spti terbakar. Apa mgkin ada luka didlm mata ato efek dr cendo xitrolnya yah? Jd takut mau ditetesin lg. Sebaiknya pake obat apa?
Trims:???:

By santi
Guest
By santi

Mau tanya dong, anak aku umur 3 tahun 4 bulan, matanya gatal, berair n agak merah n keluar belekan. Dikasih obat apa yach ?.

whila
Guest
whila

assalamualaikum.wr.wb..tolong bantu kasih komen yaaa…
aku kena radang kelopak mata…pada kedua mata saya,,yang kanan agak besar benjolannya..awalnya sy sangat takut katanya mau di operasi..sy sudah kedokter,,dan dberikan obat cendo xitrol,cendo eyefresh dan cendo mycos..tpi stlh sya baca komen dri tmn2,bahwa xitrgol agak kerans,sya jdi binggaung…tolondg dong kalau ada yg prna kena radang kelopak mata..trus bisa smbeh tnpa operasi,,ksaih saranya,,, πŸ™

mimie
Guest
mimie

salam kenal
mau tanya ..
kl mata bintitan obatnya apa yah?? sering bgt nee… tiap hbis maem telor mataku gathel bgt… trus benjol deh kelopak mataku. πŸ™ pake cendo xitrol yg salep boleh kah? ato ada salep lain yg cpet sembuh..??
soalnya aku takut ke dokter lg, takut kl suruh operasi mata :((

gres
Guest
gres

mau tanya donk… uda 1 bln lebih di dalem kelopak mata ada benjolan kecil,, cm kadang benjolan itu bsa membesar cm waktu tertentu ajj… cocok_y pke cendo apa iaa? n trmasuk radang apa gmn.. bingung nich πŸ™

Lisa
Guest
Lisa

anakku berumur 11 th sakit mata sdh 5 hari, 3 hari yg lalu, dokter memberikan salep gentamicyn digunakan setiap malam mau tidur, dan obat tetes cendo levofloxacin diteteskan setiap 1 jam tapi sampai hari ini masih merah, malah mata yg satu lagi juga tertular. menurut aturan pemakaian levofloxacin digunakan 3 kali sehari sedangkan dokter menyarankan setiap jam apakah berbahaya untuk pemakaian lebih dari 3/5 hari? lebih aman mana dgn cendo xytrol krn teman anakku(yg menularkan) menggunakan cendo xytrol sembuh dlm 3 hr

Indah
Guest
Indah

tolong dibantu donk…

mau tanya… benjolan putih seperti selaput di mata apa sih namanya ??? di keluarga kami ini sering sekali terjadi. sperti timbunan lemak… saya sudah berobat ke dokter diberi obat yg banyak … ada Nutriflam,Inmatrol,Omeproksil,Sonamin dan obat pil (aq tak tahu apa nama nya)… apa Inmatrol obat yg tepat… kayak nya obat nya keras gitu… apa penyakit saya ini dapat menyebabkan katarak atau kebuataan ???
tolong dijawab ya… sebelumnya terima kasih.. πŸ˜‰

bhotak stupid cool kid
Guest
bhotak stupid cool kid

bagaimana jika xitrollll di gunakan tanpa ada ada iritasiii,,,

contoh : hanya agar mata terlihat cemerlang??? πŸ˜†

novi
Guest
novi

klo hanya untuk iritasi ringan jgn pake xitrol, pake tetes mata yg hanya untuk iritasi ringan spt yg diiklan2 itupun penggunaanya hrs bijaksana

Endang
Guest

Mataku suka perih setelah naik motor kena debu jalanan,sebaiknya memakai obat mata apa ya?

lovely
Guest
lovely

mau nanya donk temen2, mata atas saya bintitan trus saya berobat k dokter lalu d oparasi kecil trus saya d kasih saleb, kata dokter d olesi d bwh mata tp setelah diolesi d bwh mata bawah saya jd bengkak jg… Sebenarnya gmna y temen2 cara pemakaiannya menurut pengalaman kalian??????

romi
Guest
romi

pak saya udah 5 tahun pkai xitrol tapi gak sembuh
berari kita kena tipu ya mata ku sering gak jelas kelihatan nya ku ragu ni ma xitrol loh nipu gue ya xitrol

butuq
Guest
butuq

sampe 5tahun ga sembuh akhirnya gimana tuh matanya pak πŸ™

erik buntal
Guest
erik buntal

slmat mlam…sy cma mau tx mata sy sring gatal tpi bla mna diucek sntar sj pke jari tau2 mata didlm yg wrna hitam sprti tmbh msuk sdngkn mata bgian luar atau yg wrna putih dia sprti bengkak dn mcam mau keluar dri area mata…penyakit apa itu ya dn bgmna cra menyembuhknx….?sblumx mksh ya…

Marie
Guest

Apapun nama obatnya,lbh ba3k pake yg herbal,,,ga ada efek samping cing…ng…buktinya mata aku sblah kanan prnah merah kya kurang tidur,aku pake sirih lngsung sembuh

Riza
Guest
Riza

Pengen tanya dong…saya udah pake obat Cendo Fenicol 0,5% sama Cendo Tobro karna mata saya bengkak dan bernanah karna Infeksi kata Dokter di salah satu klinik Khusus Mata di kota Bandung…tp setelah saya pake 4-5 hari mata saya jd berdarah+bernanah dan terus2an mengeluarkan air mata serta perih!!apakah itu normal efek dr obat tersebut menuju sehat to malah tambah infeksi ya??

Ditunggu jawabannya ya….Makasih

nurul
Guest
nurul

cara pakai salep cendo fenitol gmn? di olesin ke bagian dalam yg berwarna putih?? anak saya 1thn 9bln lagi skit mata, tolong dong infonya??? πŸ™

Tony
Guest
Tony

Mw nanya niy,tlong d’jawab ya.mata sy sudah 2 hari ini bengkak d’sebelah kiri atas,dan sy liat didalam kelopak mata ad semacam luka tp berwarna ptih,persis dengan sariawan.Menurut anda itu kenapa ya.? Dan obatnya kira2 ap ? Krna sejauh ini sy blm k dokter.Thx

novi
Guest
novi

pake salep mata yg isinya kloramfenikol aj pak, trus d kompres air hangat.

novi
Guest
novi

bwt bu nurul, salepnya dioleskan ke dlm matanya bu, nanti jg salepnya menyebar sendiri ko

Santi
Guest
Santi

Saya mau tny udah dr kmren mta saya skit pada klpak mta ada bntil g7 rsanya skt klw d.gerakin/d.pgag sya blm bwa k.dokter enaknya nch pke apa y tlg d.jwb